Minggu, 23 Oktober 2016

SEJARAH HURUF HANGUL

                                                SEJARAH HURUF HANGUL
Hangeul



 Berhubung korean wave sedang booming di indonesia, jadi tulisan kali ini saya akan membahas sedikit tentang asal muasal huruf korea atau yang disebut huruf hangeul ditemukan.

Huruf Hangeul [dibaca : han-geul] merupakan sistem huruf simbol yang dirancang oleh pemimpin negara korea pada zaman kekuasan Raja Sejong [1397-1450] pada masa kepemimpinannya sebagai raja dikorea ia membuat suatu simbol huruf dari Dinasti Joseon yang diresmikan sebagai abjad bahasa korea.
Saat pertama kalinya Raja Sejong menyusun Han-geul [1443 M] , abjad han-gul yang pertama ini terdiri dari 28 karakter, yaitu 17 huruf konsonan dan 11 huruf vokal. Huruf vokal yang ia susun didasari oleh filosofi “Tiga Komponen Dasar Kehidupan”.
Yang berarti Surga [ᄋ] , Bumi [ㅡ] , dan Manusia [ㅣ].

Namun seiring perkembangannya saat ini huruf yang lazim digunakan terdiri atas 40 karakter, yaitu 10 huruf vokal tunggal, 11 huruf vokal gabungan, 14 huruf konsonan , dan 5 huruf konsonan ganda.

Nah itulah cerita sedikit tentang sejarah huruf hangeul bermula. Yang perlu kita contoh dari Negara Korea adalah karena mereka sangat bangga dengan bahasa mereka. Saking bangganya mereka dengan hangeulnya jarang sekali orang korea menggunakan bahasa asing maupun menuliskan sesuatu apapun dengan huruf abjad. Mereka lebih suka menggunakan huruf Hangeul yang mereka miliki.

Sedangkan anak muda kita jaman sekarang jangankan menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dalam percakapan sehari-hari saja lebih suka menyisipkan bahasa inggris agar terdengar lebih GAUL, atau biar gak dibilang ketinggalan jaman. Memang tidak ada salahnya, tapi kita gak boleh lupa dengan Bahasa Indonesia dan kita tetap harus bangga dengan bahasa kita sendiri………… jadi secinta apapun kamu pada bahasa asing manapun,, tapi tetap harus bangga dengan Bahasa Indonesia.

SUMBER : akumagnaeholic.wordpress.com/2011/01/11/sejarah-huruf-hangeul/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar